Kamis, 15 Desember 2011

makalah Media Bagan

MEDIA BAGAN
Makalah Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Kelompok
mata kuliah Pengembangan Media PAI
Dosen Pengampu : Bpk. Sukiman

Disusun Oleh :

Nailir Rahmawati Syahidah 09410014
Apri Kusmiyani 09410020
Iga Mawarni Ayuningtyas 09410022



JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEGURUAN
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2011


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Teknologi pendidikan adalah proses yang kompleks dan terpadu yang melibatkan manusia, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan pemecahan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengelola pemecahan masalah yang menyangkut semua aspek belajar manusia. Bisa dikatakan dengan bantuan media guru dapat mempermudah pelajar dalam proses pembelajaran.
Dengan mengetahui beberapa jenis media, perlu diketahui karakteristik dari jenis-jenis media tersebut, sehingga guru dapat memilih,menggunakan serta memanfaatkan media tersebut, agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan efisien. Untuk itu dalam makalah ini akan dikemukakan salah satu media instruksional edukatif yaitu bagan.

B. Rumusan Masalah
1. Apakah bagan beserta tujuannya ?
2. Apa saja macam-macam bagan yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar?

C. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui bagan beserta tujuannya.
2. Untuk mengetahui macam-macam bagan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran.









BAB II
PEMBAHASAN
Istilah bagan meliputi berbagai jenis presentasi grafis seperti peta, grafik, ukisan, diagram, poster dan bahkan kartun. Dalam hubungan ini, bagan didefinisikan senagai kombinasi antara media grafis dan gambar foto yang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur mengenai fakta pokok atau gagasan. Fungsi yang utama dari bagan adalah menunjukkan hubungan, perbandingan, jumlah relatif, perkembangan, proses, klasifikasi dan organisasi.
Bagan termasuk media visual. Fungsi pokoknya adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara verbal. Bagan mampu memberikan ringkasan butir-butir penting dari suatu presentasi. Bagan adalah gambaran suatu situasi atau suatu proses yang dibuat dengan gari gambar dan tulisan. Tujuan pembuatan bagan:
1. Menerangkan suatu situasi, suatu proses secara simbolik dengan menggunakan garis-garis, gambar-gambar dan tulisan.
2. Menerangkan bermacam-macam keterangan menjadi satu.
3. Memberi gambaran tentang hubungan antara suatu keadaan dengan keadaan lain secara simbolis di dalam situasi.
Karakteristik yang ada pada bagan adalah:
1. Sederhana, mudah dilihat dan dibaca
2. Tidak terlalu banyak konsep didalamnya, tidak harus terlalu rinci, serta tidak banyak digunakan kata-kata
3. Warna-warna yang digunakan harus menambah kejelasan
Bagan hampir sama dengan diagram. Bedanya bagan lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suaatu proses atau susunan suatu organisasi. Bagan ada kalanya disertai simbol atau gambar, maka hal ini sifatnya piktorial. Beberapa macam bentuk bagan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, yaitu :
1. Bagan organisasi
Bagan organisasi adalah bagan yang menggambarkan struktur sebuah organisasi. Dalam bagan ini dapat dilihat dengan jelas bidang-bidang yang terdapat di dalamnya. Begitu pula jelas siapa yang bertanggung jawab kepada siapa serta menggambarkan otoritas dalam bidang masing-masing dan dalam organisasi keseluruhan.
2. Bagan arus
Bagan arus dapat diartikan sebagai beberapa anak sungai yang menuju kesatu arah yang sama untuk bersama-sama melahirkan sebuah sungai yang baru. Sebuah bagan arus dapat menggambarkan bagaimana dari macam-macam bahan mentah yang datangnya dari berbagai penjuru dunia bisa dibuat satu benda yang baru sama sekali. Bagan arus menggambarkan arah suatu proses atau dapat pula menelusuri tanggung jawab, hubungan kerja antara berbagai bagian atau bidang (seksi) suatu organisasi.
Bagan arus seringkali menggunakan tanda panah untuk menggambaarkan arah arus suatu ide atau gagasan yang akan divisualisasikan. Untuk membuat bagan arus, seorang pengajar terlebih dahulu membuat pokok atau ide-ide materi yang akan ditungkan pada bagan arus. Kemudian hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
a. Bentuknya sederhana
b. Sajian ide atau gagasannya harus jelas
c. Ide yang dituangkan jangan mebingungkan pelajar atau penerima pesan
d. Materinya pokok saja dan tidak perlu detail
e. Sesuai dengan metode
f. Sesuai tujuan pembelajaran
g. Perhatikan unsur keindahannya, bila perlu menggunakan warna tertentu sebagai unsur penonjolan dari suatu sajian ide tersebut.
3. Bagan pohon
Bagan pohon ibarat sebatang pohon yang tumbuh dengan cabang-cabang dan ranting-ranting dimana bergantungan buah-buahan. Bagan pohon digunakan untuk menjelaskan bahwa dari satu benda dapat dihasilkan berbagai benda yang lain. Bagan pohon biasanya dipakai untuk menunjukkan sifat suatu masalah, komposisi hubungan antar kelas dan keturunan, hubungan antara suatu masalah, silsilah, dll.





4. Bagan proses
Bagan proses ialah bagan yang digunanakan untuk menggambarkan tahap-tahap pembuatan sesuatu atau proses sesuatu. Bagan ini juga berguna bagi analisis system untuk mengetahui kesesuaian prosedur dari suatu proses.

Contoh bagan organisasi










Contoh bagan arus





Contoh bagan Pohon






Contoh bagan Proses














BAB III
PENUTUP
Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa bagan terdiri dari empat jenis, antara lain : bagan organisasi, bagan arus, bagan pohon dan bagan proses. Dimana keempatnya terdapat persamaan dan juga perbedaan. Persamaannya ialah keempat bagan tersebut digunakan sebagai media dalam mempermudah proses pembelajaran, sehingga hasilnya dapat maksimal. Sedangkan perbedaannya adalah terletak pada materi yang akan disampaikan sehingga bagan yang digunakan disesuaikan dengan materi yang disampaikannya.
















DAFTAR PURTAKA
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sanaki, Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran.Yogyakarta : Safira Insania Pers.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta.
Munadi,Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Gaung persada Pers : Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar